Mau buka coffee shop itu gampang ngomongnya. Tapi untuk bikin desain coffee shop, udah beda cerita.
Kamu mungkin semangat di awal, tapi saat ketemu bagian interior langsung bingung mau pakai konsep yang mana.
Belum lagi ketika mikir caranya agar tempatnya enak dilihat di mata, nyaman untuk duduk lama, dan fotogenik biar banyak yang mengunggahnya di Instagram.
Di tengah semua pilihan ini, tak sedikit calon pemilik coffee shop yang akhirnya stuck dan tetap bingung ketika memikirkan konsep desain coffee shop.
Kalau kamu lagi di fase ini tapi belum tahu cara mendesainnya dengan menarik, tips yang ada di sini bisa jadi panduan.
Tips Desain Coffee Shop yang Unik dan Fotogenik
Mau membuat pengunjung merasa betah, ingin kembali, dan mempromosikan cafemu lewat akun Instagram mereka? Tips desain ini jangan sampai kamu lupakan:
1. Tentukan Konsep dan Visual yang Konsisten
Semua hal yang menarik, termasuk ide desain coffee shop, berawal dari konsep yang jelas.
Sebelum mulai mendesain, kamu perlu memutuskan akan ke arah mana suasana coffee shop-mu.
Mau minimalis modern dengan dominasi warna netral dan garis-garis bersih, atau industrial yang menonjolkan tembok bata ekspos dan rangka besi.
Mungkin juga rustic natural yang mengandalkan kayu dan tanaman, atau tropical bohemian yang ramai warna dan tekstur.
Kuncinya ada di konsistensi. Setiap detail, warna tembok, pemilihan kursi, desain menu, hingga bentuk lampu, wajib selaras dengan konsep awal yang kamu pilih.
Nantinya, konsistensi inilah yang akan membentuk identitas visual sehingga saat ada pelanggan yang memotret dan membagikannya, orang lain akan langsung mengenalnya.
2. Pastikan Cahaya Alami Masuk dengan Baik
Dalam desain coffee shop yang kamu bikin, sebaiknya pastikan pencahayaannya sangat bagus. Cahaya alami, menjadi pilihan terbaik karena bisa memberi hasil yang jujur, lembut, dan segar di foto.
Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat jendela besar atau skylight. Dengan begini, pencahayaan alami akan masuk secara maksimal ke bagian cafemu.
Area ini pun akan jadi spot favorit pengunjung untuk memotret kopi atau makanan. Namun tentu saja, coffee shop tidak akan beroperasi di siang hari saja. Untuk malam, pencahayaannya bisa kamu rancang agar suasananya hangat dan artistik.
Caranya bisa dengan menambahkan lampu gantung, neon sign dengan kalimat singkat yang catchy, serta lampu meja yang memberikan efek intim. Desain coffee shop estetik ini bisa menjadi daya tarik visual.
3. Buat Spot Foto yang Mencuri Perhatian
Hampir semua coffee shop Instagrammable punya satu atau beberapa sudut yang perancangannya senga jadi spot foto utama.
Desainnya bisa bermacam-macam, mulai dari mural dengan warna cerah, instalasi seni yang unik, hingga cermin besar dengan frame cantik.
Spot utama ini sebaiknya punya pencahayaan yang baik dan backgroundnya bersih dari gangguan visual.
Selain itu, lokasi spot foto juga penting. Pastikan kamu menempatkannya di area yang tidak mengganggu alur lalu lintas pengunjung, sehingga mereka bisa bebas berfoto dengan nyaman.
4. Furniture dan Dekorasi yang Nyaman tapi Berkarakter

Contoh desain coffee shop yang bakal menarik perhatian dan Instagramable biasanya punya furniture dan dekorasi nyaman tapi tetap berkarakter.
Kursi dan meja yang nyaman memang penting, tapi karakter visualnya pun tidak kalah penting. Kamu bisa memilih desain yang unik dan sesuai dengan tema.
Contohnya, coffee shop bergaya industrial bisa memakai meja dengan kaki besi dan permukaan kayu kasar.
Sementara untuk konsep bohemian, bisa pilih kursi rotan dan meja berwarna cerah. Kamu pun bisa menambahkan dekorasi pelengkap seperti rak buku, vas bunga, tanaman indoor, hingga benda-benda vintage ke dalam desain coffee shop untuk memberi kehangatan pada ruangan.
Sebagai catatan, dekorasi yang kamu buat sebaiknya tidak berlebihan agar ruangan tidak terasa penuh dan sumpek. Selain itu, beri juga sentuhan personal seperti pajangan hasil karya seniman lokal atau foto-foto perjalanan.
5. Tambahkan Material Alami dan Tekstur yang Berani
Desain coffee shop yang perlu kamu pertimbangkan lainnya adalah penambahan material alami dan tekstur yang berani.
Maksudnya, kamu bisa menambahkan material alami seperti kayu, rotan, batu, atau bata ekspos agar lebih hangat dan fotogenik.
Mengapa ini penting? Material-material tersebut bisa memberikan kedalaman visual yang sulit tercapai dengan material buatan.
Agar lebih menarik, maka coba gabungkan beberapa jenis tekstur agar tampilannya lebih kaya dan menarik di foto.
Misalnya, bisa coba combine dinding bata ekspos dengan meja kayu halus dan kursi kulit. Ini tampak kontras, tapi tetap enak saat mata memandangnya.
6. Area Outdoor yang Menambah Nilai Estetika
Desain eksterior coffee shop yang kamu punya juga sebaiknya pertimbangkan secara matang. Kalau kamu punya ruang outdoor, maka manfaatkan sebaik mungkin.
Area ini bisa menjadi daya tarik tambahan, apalagi untuk pengunjung yang suka bersantai di udara terbuka.
Desain area outdoor bisa bervariasi, mulai dari taman kecil dengan kursi kayu, rooftop dengan pemandangan kota, hingga halaman yang berhias lampu gantung dan bean bag.
Memberikan sentuhan desain coffee shop bagian outdoor dengan mural, lampu tumblr, atau hammock buat bersantai, biasanya membuat pengunjung betah dan ingin berfoto.
7. Berikan Sentuhan Teknologi dan Branding
Sepertinya sudah banyak yang menerapkan ini. Memberikan sentuhan teknologi seperti sudah jadi hal wajib untuk saat ini.
Misalnya seperti menyediakan menu berbasis QR code yang akan membuat layanan lebih praktis dan terlihat lebih modern.
Selain itu, kamu pun bisa menambahkan filter Instagram khusus atau layar interaktif di sudut tertentu yang bisa jadi gimmick menarik.
Mau sekalian branding? Bisa bikin hashtag khusus agar konsisten menggunakannya di setiap unggahan media sosial.
Kamu pun bisa memasang geotag yang jelas agar lebih banyak pelanggan baru yang lebih mudah menemukan coffee shop kamu.
Jika semua elemen desain coffee shop ini kamu terapkan secara konsisten, maka bisnismu bakal jadi destinasi yang bakal banyak orang cari.
Siap-siap juga kebanjiran tag dari para pelanggan yang memotret coffee shop-mu. Itu juga bisa jadi promosi gratis dan jauh lebih efektif daripada strategi pemasaran konvensional.
Masih Stuck Soal Desain? Temukan Lebih Banyak Inspirasi di Cafe & Brasserie Expo 2025!
Sudah mengantongi semua tips desain coffee shop di atas tapi tetap stuck? Hanya ada satu cara lain yang bisa kamu coba, yakni datang ke Cafe & Brasserie Expo 2025.
Dalam acara tiga hari ini, kamu bisa lihat tren desain terbaru, ngobrol sama desainer interior, hingga mencoba konsep dekor yang langsung bisa kamu aplikasikan di coffee shop.
Acara ini bakal terlaksana di NICE, PIK 2, tanggal 10 - 12 Oktober 2025. Bagi kamu yang baru mau buka coffee shop, ini bisa jadi kesempatan mengumpulkan ide sebelum mengeluarkan modal besar.
Jangan nunggu aja, jemput inspirasimu dan temukan solusi desain di satu tempat. Dapatkan tiketnya sekarang!